Senin, 21 Maret 2011

manfaat sayur untuk perokok

Ada kabar baik bagi perokok yang belum bisa menghilangkan kebiasaan buruknya. Asupan buah dan sayuran secara teratur dapat menurunkan risiko terjadinya kanker paru-paru.
Penelitian yang berdasarkan pada riset 700 orang ini menunjukkan, mereka yang menyantap buah dan sayuran memiliki risiko paling rendah terserang penyakit kanker dibandingkan dengan mereka makan sedikit porsi buah dan sayur. Dampak positif sayuran dan buah terbukti pada perokok maupun non-perokok.
Studi lainnya, yang dimuat dalam American Thoracic Society seperti dikutip dari Daily Mail, menemukan, mengonsumsi 1,5 porsi buah atau sesendok makan besar sayuran setiap hari melindungi tubuh dari emfisema dan bronkitis kronis.
Orang yang menyantap seledri secara teratur memiliki 60 persen risiko lebih rendah terserang kanker paru-paru daripada mereka yang makan sedikit. Konsumsi wortel juga mengurangi risiko kanker sebesar 50 persen.
Peneliti mengidentifikasi sejumlah senyawa alami dalam buah dan sayuran memberi perlindungan, termasuk alpha-carotene, beta-carotene dan lycopene.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar